RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN 6 Pontianak
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : X/Genap
Materi Pokok : Struktur Atom
Sub Pokok Bahasan : Perkembangan Teori Atom
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Pertemuan Ke : 1 (satu)
A. Standar Kompetensi
1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
B. Kompetensi Dasar
1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
C. Indikator
- Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom dengan cermat
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
- Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan berdasarkan teori atom Dalton dengan benar
- Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan berdasarkan teori Thomson dengan cermat
- Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan berdasarkan teori Rutherford dengan benar
- Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan berdasarkan teori Niels Bohr dengan cermat
- Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan berdasarkan teori mekanika kuantum dengan tepat
E. Uraian Materi Pembelajaran
Perkembangan Teori Atom
1. Teori atom Dalton
Gambar model atom Dalton
a. Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi.
b. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda.
c. Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana.
d. Teori atom Dalton tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan listrik.
2. Teoti atom Thomson
Gambar model atom Thomson
Kelemahan dari Dalton diperbaiki oleh JJ. Thomson, eksperimen yang dilakukannya tabung sinar kotoda. Hasil eksperimennya menyatakan ada partikel bermuatan negatif dalam atom yang disebut elektron.
Thomson mengusulkan model atom seperti roti kismis atau kue onde-onde. Suatu bola pejal yang permukaannya dikelilingi elektron dan partikel lain yang bermuatan positif sehingga atom bersifat netral.
3. Teori atom Rutherford
Gambar model atom Rutherford
Eksperimen yang dilakukan Rutherford adalah penembakan lempeng tipis dengan partikel alpha. Ternyata partikel itu ada yang diteruskan, dibelokkan atau dipantulkan. Berarti di dalam atom terdapat susunan-susunan partikel bermuatan positif dan negatif. Hipotesa dari Rutherford adalah atom yang tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilinginya. Inti atom bermuatan positif dan massa atom terpusat pada inti atom.
Kelemahan dari Rutherford tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom.
4. Teori atom Bohr
Gambar atom Bohr
Hipotesis Bohr adalah :
a. Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif di dalam suatu lintasan.
b. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke yang lain dengan menyerap atau memancarkan energi sehingga energi elektron atom itu tidak akan berkurang.Jika berpindah lintasan ke lintasan yang lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi. Jika beralih ke lintasan yang lebih rendah maka akan memancarkan energi.
Kelemahan Model Atom Niels Bohr :
1. Hanya dapat menerangkan spektrum dari atom atau ion yang mengandung satu elektron dan tidak sesuai dengan spektrum atom atau ion yang berelektron banyak.
2. Tidak mampu menerangkan bahwa atom dapat membentuk molekul melalui ikatan kimia.
Menurut model atom ini, elektron tidak mengorbit pada lintasan tertentu sehingga lintasan yang dikemukakan oleh Bohr bukan suatu kebenaran. Model atom ini menjelaskan bahwa elektron-elektron berada dalam orbita-orbital dengan tingkat energi tertentu. Orbital merupakan daerah dengan kemungkinan terbesar untuk menemukan elektron disekitar inti atom.
5. Model Atom Modern
Dikembangkan berdasarkan teori mekanika kuantum yang disebut mekanika gelombang; diprakarsai oleh 3 ahli :
a) Louis Victor de Broglie
Menyatakan bahwa materi mempunyai dualisme sifat yaitu sebagai materi dan sebagai gelombang.
b) Werner Heisenberg
Mengemukakan prinsip ketidakpastian untuk materi yang bersifat sebagai partikel dan gelombang. Jarak atau letak elektron-elektron yang mengelilingi inti hanya dapat ditentukan dengan kemungkinan – kemungkinan saja.
c) Erwin Schrodinger (menyempurnakan model Atom Bohr)
Berhasil menyusun persamaan gelombang untuk elektron dengan menggunakan prinsip mekanika gelombang. Elektron-elektron yang mengelilingi inti terdapat di dalam suatu orbital yaitu daerah 3 dimensi di sekitar inti dimana elektron dengan energi tertentu dapat ditemukan dengan kemungkinan terbesar.
Orbit Orbital
Gambar Perbedaan antara orbit dan orbital untuk elektron
Ø Orbital digambarkan sebagai awan elektron yaitu : bentuk-bentuk ruang dimana suatu elektron kemungkinan ditemukan.
Ø Semakin rapat awan elektron maka semakin besar kemungkinan elektron ditemukan dan sebaliknya.
F. Metode Pembelajaran : Ceramah dan penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | |||
Kegiatan Awal | 10 menit | |||
1. Salam pembuka 2. Mengecek kehadiran siswa 3. Apersepsi Memberi informasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari hari ini dengan menunjukkan beberapa model-model atom kepada siswa melalui gambar. 4. Menyampaikan tujuan pemebelajaran (terlampir) Siswa dapat : - Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan berdasarkan teori atom Dalton dengan benar - Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan berdasarkan teori Thomson dengan cermat - Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan berdasarkan teori Rutherford dengan benar - Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan berdasarkan teori Niels Bohr dengan cermat - Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan berdasarkan teori mekanika kuantum dengan tepat 5. Memberi gambaran tentang materi yang akan dipelajari dan standar ketuntasan minimal yang harus dicapai siswa | | |||
Kegiatan Inti | 55 menit | |||
Eksplorasi · Guru menggali kemampuan siswa dengan bertanya pernahkah kalian melihat roti yang ditaburi mececeres...? Elaborasi a. Guru menampilkan gambar-gambar beberapa model atom di papan tulis (terlampir) b. Memberi penjelasan tentang definisi atom dan perkembangan teori atom dengan menggunakan media gambar melalui infokus Perkembangan Teori Atom 1. Teori atom Dalton Gambar model atom Dalton Teori yang diusulkan Dalton: a. Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi. b. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda. c. Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. d. Teori atom Dalton tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan listrik. 2. Teori atom Thomson Gambar model atom Thomson Kelemahan dari Dalton diperbaiki oleh JJ. Thomson, eksperimen yang dilakukannya tabung sinar kotoda. Hasil eksperimennya menyatakan ada partikel bermuatan negatif dalam atom yang disebut elektron. Thomson mengusulkan model atom seperti roti kismis atau kue onde-onde. Suatu bola pejal yang permukaannya dikelilingi elektron dan partikel lain yang bermuatan positif sehingga atom bersifat netral. 3. Teori atom Rutherford Gambar model atom Rutherford Eksperimen yang dilakukan Rutherford adalah penembakan lempeng tipis dengan partikel alpha. Ternyata partikel itu ada yang diteruskan, dibelokkan atau dipantulkan. Berarti di dalam atom terdapat susunan-susunan partikel bermuatan positif dan negatif. Hipotesa dari Rutherford adalah atom yang tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilinginya. Inti atom bermuatan positif dan massa atom terpusat pada inti atom. Kelemahan dari Rutherford tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. 4. Teori atom Bohr Gambar atom Bohr Hipotesis Bohr adalah : - Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif di dalam suatu lintasan. - Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke yang lain dengan menyerap atau memancarkan energi sehingga energi elektron atom itu tidak akan berkurang. Jika berpindah lintasan ke lintasan yang lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi. Jika beralih ke lintasan yang lebih rendah maka akan memancarkan energi. Kelemahan Model Atom Niels Bohr : - Hanya dapat menerangkan spektrum dari atom atau ion yang mengandung satu elektron dan tidak sesuai dengan spektrum atom atau ion yang berelektron banyak. - Tidak mampu menerangkan bahwa atom dapat membentuk molekul melalui ikatan kimia. - Menurut model atom ini, elektron tidak mengorbit pada lintasan tertentu sehingga lintasan yang dikemukakan oleh Bohr bukan suatu kebenaran. Model atom ini menjelaskan bahwa elektron-elektron berada dalam orbita-orbital dengan tingkat energi tertentu. Orbital merupakan daerah dengan kemungkinan terbesar untuk menemukan elektron disekitar inti atom. 5. Model Atom Modern Dikembangkan berdasarkan teori mekanika kuantum yang disebut mekanika gelombang; diprakarsai oleh 3 ahli : a) Louis Victor de Broglie Menyatakan bahwa materi mempunyai dualisme sifat yaitu sebagai materi dan sebagai gelombang. b) Werner Heisenberg Mengemukakan prinsip ketidakpastian untuk materi yang bersifat sebagai partikel dan gelombang. Jarak atau letak elektron-elektron yang mengelilingi inti hanya dapat ditentukan dengan kemungkinan – kemungkinan saja. c) Erwin Schrodinger (menyempurnakan model Atom Bohr) Berhasil menyusun persamaan gelombang untuk elektron dengan menggunakan prinsip mekanika gelombang. Elektron-elektron yang mengelilingi inti terdapat di dalam suatu orbital yaitu daerah 3 dimensi di sekitar inti dimana elektron dengan energi tertentu dapat ditemukan dengan kemungkinan terbesar. Orbit Orbital Gambar Perbedaan antara orbit dan orbital untuk elektron Ø Orbital digambarkan sebagai awan elektron yaitu : bentuk-bentuk ruang dimana suatu elektron kemungkinan ditemukan. Ø Semakin rapat awan elektron maka semakin besar kemungkinan elektron ditemukan dan sebaliknya. · Guru memberikan contoh soal kepada siswa (terlampir) · Guru bersama-sama siswa membahas contoh soal yang telah diberikan · Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dari materi yang telah disampaikan · Guru memberikan kesematan kepada siswa untuk mencatat Konfirmasi · Guru memberikan penegasan esensi materi pembelajaran sesuai tujuan yang ingin disampaikan | | |||
Kegiatan Akhir | 25 menit | |||
· Guru memberikan latihan kepada siswa (latihan terlampir) · Sambil berkeliling mengawasi pekerjaan siswa, guru memberikan penjelasan kepada siswa tertentu yang belum memahami materi tersebut · Guru dan siswa secara bersama-sama membahas soal yang telah diberikan. · Guru bersama-sama siswa menyimpulkan dari materi yang telah disampaiakan · Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya · Salam penutup | |
H. Sumber Belajar
Bahan
§ Rachmawati. dkk. 2007. Kimia 1. Jakarta. Esis
§ Internet
§ Powe point
Alat
§ Papan tulis, spidol, Penghapus, dan infokus
I. Penilaian
total skor = jlh skor benar x 100
jlh skor total
Pontianak, 18 Juli 2011
Mengetahui,
Mahasiswa PPL Guru Pamong
Nurmaulita Sutamah, S.P
NIM. 081710673 NIP : 19790419 2005012013
Lmpiran 1: gambar-gambar model atom
Model Atom | Penemu |
| Dalton |
| Rutherford |
| Thomson |
| Neils Bohr |
Lampiran 2 : contoh soal untuk siswa
1. Tuliskan nama model atom dibawah ini sesuai gambarnya
Model Atom | Penemu | skor |
| Dalton | 2 |
| Rutherford | 2 |
| Thomson | 2 |
| Neils Bohr | 2 |
Lampiran 3 : latihan untuk siswa
1. Sebutkan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing model atom dari mulai model atom Dalton sampai dengan model atom Niels Bohr.
Penyelesaian :
Kelebihan dan kelemahan dari masing-masing model atom dari mulai model atom Dalton sampai dengan model atom Niels Bohr.
Model Atom | Kelebihan | Kelemahan |
Menurut Dalton seperti bola pejal | Mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom | Tidak menerangkan hubungan antara larutan senyawa dan daya hantar arus listrik, jika atom merupakan bagian terkecil dari suatu unsur dan tidak dapat dibagi lagi |
Menurut Thomson seperti roti kismis | Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur. Selain itu juga memastikan bahwa atom tersusun dari partikel yang bermuatan positif dan negatif untuk membentuk atom netral. Juga membuktikan bahwa elektron terdapat dalam semua unsur | Belum dapat menerangkan bagaimana susunan muatan positif dalam bola dan jumlah elektron |
Rutherford seperti planet bumi mengelilingi matahari | Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti | Model tersebut tidak dapat menerangkan mengapa elektron tidak pernah jatuh ke dalam inti sesuai dengan teori fisika klasik |
Niels Bohr seperti bola, dengan inti atom yang dikelilingi sejumlah elektron | Mempu membuktikan adanya lintasan elektron untuk atom hidrogen | Hanya dapat menerangkan atom-atom yang memiliki elektron tunggal seperti gas hidrogen, tetapi tidak dapat menerangkan spektrum warna dari atom-atom yang memiliki banyak elektron |
Thank ka..
BalasHapusIni yg Aq cari2 :)